Halaman

Selasa, 08 Januari 2013

Ketika Sosial banting stir ke Alam

" Liana, kelas IPA 2 " kata seorang guru yang dengan lantang, memberikan penggumuman hasil dari semua tes dan akhirnya nama gue di panggil di kelas IPA.
Jelas aja, gue langgsung melonggo , gile aje.. gue jelas-jelas pilih IPS dan kemampuan gue lebih di IPS , cinta bangget gue sama ilmu sosial, bahkan gue sudah merencanakan untuk kuliah di jurusan  Pendidikan Sosiologi.

Di situ, gue bener-bener lemes, ada juga beberapa temen gue yang bernasib sama seperti gue, mereka pilih IPS tapi masuk ke kelas IPA. Dan gue semakin lemes, bahkan mau nangis saat guru memberikan peryataan  tidak ada yang boleh pindah jurusan. Tidak Boleh !!

Dengan segala ketidakberdayaan , gue langsung sms kakak pertama gue, dia cowok .

[ Kak, aku malah masuk IPA , padahal milihnya IPS dan gak boleh pindah ]

semenit kemudian dia bales.

[Yaudah, IPA aja ]

Gue tambah gak berdaya, gue sedih dan bimbang begini. kakak gue dengan stay cool nya jawab kayak gitu. Gue diem gak ada niat bales sms kakak gue, gue menarik nafas panjang. Berdiri mematung di depan kantor, temen-temen gue yang senasib mulai melangkah kecewa, mereka sama sedih nya kayak gue. Gue bener-bener resah. Mikirin masa depan gue, apalagi gue pernah tes IQ dan hasilnya Nilai Numerik gue kurang bagus, alias gue lebih dominan otak kanan. Gue semakin resah, waktu gue inget gue mati-matian les dan belajar matematika waktu gue SMP dulu, dan hasilnya apa ? nilai UN gue malah paling jelek MTK.
Bisa di bayanggin, kalau gue masuk IPA ? Sumpah, bukan masalah gue gak suka hitung-menghitung tapi masalahnya gue bener-bener lola di pelajaran Esak.

Gue diem , angin berhembus .

Masalah ini bener-bener gak bisa main-main, ini masa depan gue coy ! ini tentang hati ! Gue jadi inget, sebuah novel yang pernah geu baca. Judulnya Perahu Kertas.

" kadang untuk menjadi A kita harus banting stir ke B " seinget gue begitu.

atau kata bang Darwis tere liye " Tidak semua orang mendapatkan pilihan hidupnya, tapi bukan berarti kita gak bisa jadi yang terbaik di situ "
Kata-kata di atas bisa mengobati keresahan gue, gue coba berfikir  positif di dunia ini banyak yang terpaksa tapi sekali lagi bukan berarti kita harus nyerah. Mungkin Allah punya cara terindahnya buat kita, yang penting gue berusaha keras yang penting gue juga berdoa. Mungkin gak ada salahnya masuk IPA

Semoga gue bisa bertahan sampai titik darah penghabisan, gue mungkin mulai melirik jurusan kesehatan masyarakat. atau gue bisa jadi dokter karena riwayat gue yang mempunyai penyakit sampai sekarang.

Jangan menyerah, Allah bersama kita selama kita mau berusaha.

Tidak ada komentar: